Aplikasi Layanan Antrian Paspor, Mudah Tapi Sulit!

Hari gini semuanya serba menggunakan online. Mau booking tiket nonton, pakai aplikasi online. Mau daftar ke puskesmas atau rumah sakit, bisa menggunakan online.
Nah, kalau kamu mau daftar untuk urus paspor, juga harus online.
Yep. Apapun alasannya, kamu enggak bisa langsung datang gitu aja ke kantor imigrasi untuk bikin paspor (kecuali kalau mau ambil paspor). Baik tua maupun muda, kalau mau bikin paspor, harus antri dulu lewat online.

unsplash.com/@paul_

Nah, Sesuai judul post ku kali ini, aku akan memberitahukan bagaimana cara mendaftar paspor melalui online. Hal paling awal yang harus dilakukan adalah mendownload aplikasi "layanan paspor online" di ponselmu. Sebenarnya kamu bisa melakukannya lewat web dengan alamat https://antrian.imigrasi.go.id/

Namun kali ini aku akan memandu kalian untuk mendaftar via aplikasi. Buka playstore, ketik di seacrh, lalu download. Aplikasinya berwarna merah ngejreng. Indonesia banget, ya? hehehe. Setelah selesai mendownload, kamu buka aplikasinya. Kalau kamu belum pernah membuat akun, kamu harus bikin akun dulu. Kamu bisa mendaftar lewat akun google atau facebook.

Setelah sukses membuat akun paspor online, login kembali dengan username dan password yang sudah kamu buat dan berhasil di daftarkan. kamu akan berada di halaman beranda. Di halaman tersebut terdapat lima kotak putih. (1) Identitas akun berisi: NIK, nama, dan tanggal lahirmu, (2) Antrian paspor, (3) informasi, (4) lapor diri, dan (5) panduan.

Kalau kamu mau bikin paspor, kamu klik kotak bertuliskan 'antrian paspor. Ada tiga langkah yang harus kamu lakukan.


Langkah 1

kamu tentukan dulu mau mengurus di kantor imigrasi mana. ketik kantor imigrasi yang menjadi tujuanmu di bagian search/pencarian lalu klik "pilih kantor"

Langkah 2

Di langkah kedua ini, kamu harus menentukan jumlah pemohon serta tanggal dan waktu kedatangan.

Penting nih, cara pengisian identitas pemohon paspor!

Dalam satu akun paspor online, kamu bisa mendaftarkan maksimal 5 orang sekaligus asalkan 4 pemohon lainnya masih satu KK dengan kamu. Jadi misalnya aku mau bikin paspor, aku bisa sekalian ajak mamaku, papaku dan kakakku untuk urus paspor juga. Bareng-bareng gitu, lho. Aku kemarin daftar pakai akunnya mamaku dan jumlah pemohon diisi 2 (aku dan mamaku).

Kalau kamu mendaftarkan seorang diri, isilah seperti pada umumnya. Nah, kalau kamu mau urus paspor bareng-bareng dan mendaftarkan lebih dari satu orang di satu akun, maka untuk identitas pemohon pertama, harus diisi sama yang 'punya akun'. Seperti kemarin, aku dan mama mendaftar untuk pembuatan paspor melalui akun mamaku. Jadi, pemohon pertama diisi identitas mamaku, kemudian identitas pemohon kedua baru diisi dengan identitasku.

 Begitupun sebaliknya ya, kalau pakai akunku, ya identitas pemohon pertama adalah aku, kemudian identitas pemohon kedua adalah mamaku. Gimana kalau yang punya akun enggak ikutan ngurus paspor, alias cuma minjemin akunnya buat orang lain? berarti identitas pemohonnya diisi di pemohon kedua. Pemohon pertamanya kosongin aja. Jangan sampai keliru, ya!

Lalu, pilih tanggal kedatangan. Di bawahnya, kamu bisa melihat data kuota dan pengantri. Kamu klik pilih tanggal, lalu terdapat semacam halaman seperti kalender dengan kotak berwarna. Di bawahnya terdapat keterangannya. Jika kotaknya berwarna hijau, berarti kuota tersedia. Jika berwarna merah, maka telah habis. Kotak biru menandakan tanggal yang kamu pilih. Jika kotaknya berwarna kuning, berarti belum dibuka.

Setelah menentukan tanggal, kamu tentukan waktu kedatangannya. waktu kedatangan dibagi menjadi dua, yaitu pagi (08.00-12.00) dan siang (13.00-16.00/16.30). Setelah kamu memilih, akan muncul angka di bagian kuota tersedia. Lalu klik lanjut.

Langkah 3

Setelah selesai, akan muncul halaman bertuliskan "jadwal antrian" yang berisi tanggal kedatangan, NIK, nama pemohon, tempat/kantor imigrasi yang kamu pilih, waktu, kode booking serta barcode. Saranku, mending kalian screen capture halaman itu karena nantinya akan diminta untuk ditunjukkan ke petugas, ketika mengurus paspor.

Beres, deh. Kamu tinggal datang ke kantor imigrasi tujuanmu di tanggal yang sudah kamu tentukan, sambil bawa berkas yang diperlukan!

Mudah? Enggak juga, lho!

Nyatanya, kemudahan ini masih dirasa 'susah' oleh masyarakat, khususnya bagi mereka yang memohon paspor. Termasuk aku dan mamaku saat itu. Kita merasa jika aplikasi ini seperti belum siap menerima atau menampung permintaan pembuatan paspor yang begitu banyak. imbasnya, aplikasi eror, koneksinya tidak bisa hingga kuota yang mendadak habis/tidak segera buka.

Ternyata 'ketidaksiapan' aplikasi antrian paspor ini juga dirasakan oleh banyak orang. Kok aku bisa bilang begini? Aku buka di google tentang kantor imigrasi, banyak yang mengeluhkan mengenai aplikasinya. Begitu juga ulasan mengenai aplikasi antrian paspor online di playstore. Kebetulan juga, nemu artikel di instagram mengenai tata cara daftar antrian paspor online, eh netizen juga mengeluhkan hal yang sama: "daftarnya enggak semudah itu bro/sis"


unsplash.com/@nicolegeri

Kendala yang kerap dialami oleh mereka berdasarkan rangkuman dari ulasan aplikasi layanan paspor online di playstore:

1)
Permasalahan pada server atau aplikasinya. Beberapa orang mendapatkan tulisan jika "perangkat mereka tidak terkoneksi dengan internet", padahal mereka sudah konek ke wifi atau pakai paket internet. Aplikasi juga kadang lemot dan eror. Netizen merasa jika aplikasi ini over capacity, mengingat pendaftaran akun hanya dibuka tiga hari dan permintaan yang membludak. Diduga, aplikasi belum siap menampung banyaknya permintaan.

2)
Kuota yang seringkali penuh, secara tiba-tiba. Sebenarnya memang ada kuota atau batasan pemohon per harinya. Jadwal pembukaan antrian paspor hanya hari jumat pukul 14.00 . Informasi ini pun tidak lengka, karena tidak setiap jumat bukanya. Mereka buka setiap dua jumat. Misalnya jumat di minggu ini buka, jumat depannya enggak buka, lalu jumat depannya buka lagi, dan akhirnya jumat di minggu terakhir tidak buka.

Bisa dibilang, meski telah menggunakan online, namun malah menyusahkan. Harus bersabar jika ingin mengantri paspor. Harusnya kan dengan adanya online ini, tujuannya memudahkan. Buat kamu yang saat ini ingin mengurus paspor, bersabarlah untuk berhadapan dengan aplikasinya. Hehehe


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjalananku Melawan TBC Kelenjar. Aku Pasti Bisa Selamat dari Penyakit Ini!

Kena Tipu Online Shop Palsu? Ini Langkah-Langkah yang Perlu Kamu Lakukan!

STNK Hilang? Asalkan Sabar, Pasti Bisa Teratasi.